Rhema Hari Ini

Senin, 16 Juni 2014

Kita pasti sanggup


Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah ( Kolose 3:15)

Bacaan : Kolose 3:5-17
Didalam firman dikatakan, matikanlah dirimu dalam sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan menyembah berhala ( ayat 5).  Dan buanglah semua ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah  dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu ( ayat 8 ). Sekilas jika kita memaparkan hal tersebut didepan banyak orang, orang-orang akan berkata :”wah, sungguh susah untuk mau melakukan itu. Mana ada sih manusia yang bisa melakukan apa yang seperti dikatakan oleh firman Tuhan itu”.
Memang kalau kita memandangnya secara kedagingan kita, hal itu sulit untuk kita lakukan, namun hal itu bukanlah suatu kemustahilan bila kita memandangnya secara Roh.  Apa yang sudah dituliskan dalam firman, Tuhan tahu bahwa kita pasti bisa dan sanggup lakukan itu semua yang tentunya bukan karena kemampuan kita,bukan karena kekuatan kita, namun karena Tuhan turut bekerja didalamnya. Tuhan yang selalu menopang dalam kelemahan-kelemahan kita.
Jika kita melihat pada tokoh-tokoh didalam alkitab, mungkin kita akan berpikir bahwa pada jaman itu ada nabi, ada Yesus dalam kehidupan mereka sehingga banyak dari tokoh-tokoh alkitabiah yang sanggup untuk melakukan seperti yang tertuang dalam ayat 5 dan 8. Nah, untuk jaman yang sekarang, Ibu Teresa adalah salah satu contoh yang dapat menjadi panutan kita. Ibu Teresa bukan hidup dijaman alkitab perjanjian lama atau perjanjian baru. Namun Ibu Teresa hidup dijaman yang sama dengan jaman yang kita ada sekarang ini. Tetapi beliau menunjukkan pada kita bahwa apa yang alkitab ingin kita lakukan itu bisa dan sanggup kita lakukan. Memang tidak mudah namun itu bukan hal yang mustahil untuk bisa kita lakukan. Kita harus menanggalkan manusia lama kita serta kelakuannya dengan mengenakan manusia baru kita yang terus menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya. Kita adalah orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya. Oleh karena itu kenakanlah belas kasihan, kemurahan,kerendahan hati,kelemahlembutan dan kesabaran. Kenakanlah kasih sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. Yesus sendiri yang sudah terlebih dahulu menunjukkan kasih-Nya kepada kita agar kitapun bisa merasakan kasih itu dan mau membagikan kasih itu kepada sesama kita.
Mintalah Roh Kudus agar kita selalu dibimbing dan dimampukan untuk dapat memperjuangkan iman dan pengharapan kita didalam Kristus.
Dan berjalan bersama Kristus, kita pasti bisa !!!


Kita hidup dalam kemustahilan karena kita memilki Tuhan yang mustahil. Tuhan yang heran dan ajaib. Tuhan yang perkasa dan dashyat. Dan bersyukurlah !!!

S.Hoky

Tidak ada komentar:

Posting Komentar